4 Penyebab Jerawat dan Cara Menghindarinya

4 Penyebab Jerawat dan Cara Menghindarinya


Makanan yang disebabkan oleh jerawat biasanya makanan yang meningkatkan gula darah dan kemudian dapat memicu peningkatan insulin. Ketika kandungan insulin dalam tubuh meningkat, produksi minyak di kulit akan meningkat, membuatnya lebih mungkin menyebabkan jerawat.

Jadi makanan apa yang diasosiasikan dengan penyebab jerawat, dan apa langkah kesehatan untuk menghindarinya?

Lihat Juga : 3 Cara Mengencangkan Payudara

Jerawat adalah penyakit kulit yang biasanya muncul di wajah, dada atau punggung. Tingkat dapat bervariasi dari komedo ringan ke tingkat yang lebih parah, seperti bintik-bintik yang mengandung kista dan nanah. Secara umum, jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon, tetapi ada juga beberapa makanan yang menyebabkan jerawat muncul lebih mudah. Berikut ini empat jenis makanan yang harus Anda hindari untuk menghindari jerawat.

Lihat Juga : 8 Makanan Penurun Darah Tinggi

1. Keripik kentang

Keripik kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi dan dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng dan roti, kadar gula darah tinggi juga harus dihindari.

2. Kue dan soda

Makanan tinggi gula seperti kue manis, soda, dan jus yang dicampur dengan susu dan gula dapat menyebabkan jerawat. Ini karena kadar glukosa tinggi memicu insulin dan menyebabkan jerawat.

Lihat Juga : Tidak ada Obat Herbal Kanker yang Terdaftar di BPOM

3. Produk susu

Meskipun susu, keju, dan makanan olahan susu lainnya kaya akan kalsium, asupan yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Hormon yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan kelenjar minyak terus tumbuh dan menjadi pemicu jerawat.

4. Makanan sangat berminyak

Makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji meningkatkan risiko jerawat. Sejauh ini, banyak orang percaya bahwa makanan pedas adalah penyebab jerawat, tetapi satu studi telah menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat. Makanan tinggi lemak dan tinggi garam yang akurat dapat mempengaruhi munculnya jerawat.

Selain makanan di atas, ada banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat. Misalnya karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, hormon dan stres.

Lihat Juga : 6 Penyebab Radang Amandel

Cara sehat untuk menghindari jerawat

Selain penyebab makanan berjerawat, seperti kacang, mitos tentang cara menghindari jerawat juga meluas. Jadi, apa cara yang benar untuk menghindari dan mengurangi jerawat?

  • Mulai dengan makanan. Ya, Anda harus mulai dengan makan makanan sehat. Ini karena bahan-bahan yang terkandung dalam makanan mempengaruhi tubuh kita. Untuk menghindari jerawat, mulailah diet sehat tanpa membahayakan. Makan makanan yang baik untuk menghindari jerawat, salah satunya adalah kacang. Meskipun sering disebut sebagai penyebab jerawat, telah terbukti bahwa memakan kacang-kacangan yang kaya asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan di sekitar kelenjar minyak. Selain kacang, ikan juga membantu konsumsi untuk menghindari jerawat.


Lihat Juga : 17 Obat Gusi Bengkak Alami

  • Hidup sehat. Seperti yang kita semua tahu, gaya hidup sehat dapat mempengaruhi kesehatan organ kita. Hal yang sama berlaku dengan jerawat. Tidur yang cukup tidak terlambat, olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi jerawat. Jika Anda terlalu sering tidur, mulailah tidur lebih awal. Karena jika Anda tidak tidur cukup, setiap jam akan mempengaruhi hampir 15% dari peningkatan tekanan. Peningkatan stres dapat memicu glukokortikoid yang merusak struktur dan fungsi kulit. Selain tidur yang cukup dan teratur, Anda juga perlu berolahraga karena mengurangi stres.


  • Jagalah kebersihan kulit. Jika ingin terhindar dari jerawat, tentu Anda perlu menjaga kesehatan kulit. Caranya adalah mencuci muka dua kali sehari, pagi dan sore. Ini penting karena kotoran, keringat, dan kosmetik dalam kegiatan sehari-hari dapat menempel di wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat.


Kulit terjaga yang sehat tidak hanya mempengaruhi kesehatan organ tubuh, tetapi juga mempengaruhi penampilan. Untuk menghindari jerawat, Anda perlu menjaga gaya hidup sehat dan membatasi konsumsi jenis makanan yang menyebabkan jerawat. Juga, jangan lupa minum air putih yang cukup dan minum setidaknya delapan cangkir sehari agar kulit Anda terhidrasi dan tubuh Anda tetap sehat.

Keyword : penyebab jerawat dan cara mengatasinya, hormon penyebab jerawat, apa penyebab jerawat di jidat, penyebab jerawat pada pria, apa penyebab jerawat batu, penyebab jerawat di pipi, makanan penyebab jerawat, faktor penyebab jerawat

Source : Antontasik.com
Load disqus comments

0 komentar